fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Prodi KPI UIN KHAS Jember Susun Kurikulum Berbasis OBE dengan Spirit Dakwah Transformatif

Home >Berita >Prodi KPI UIN KHAS Jember Susun Kurikulum Berbasis OBE dengan Spirit Dakwah Transformatif
Diposting : Senin, 16 Sep 2024, 17:35:34 | Dilihat : 3 kali
Prodi KPI UIN KHAS Jember Susun Kurikulum Berbasis OBE dengan Spirit Dakwah Transformatif


Jember – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, telah melaksanakan rangkaian kegiatan penyusunan kurikulum berbasis *Outcome-Based Education* (OBE), dengan diawali kegiatan Semiloka Pengembangan Ilmu Dakwah tanggal 15 s/d 18 Juli 2024.

Penyusunan kurikulum berbasis OBE ini menjadi langkah strategis dalam menghadapi tantangan pendidikan tinggi di era digital, dengan tetap berpegang pada spirit dakwah transformatif.

Tujuan dari kurikulum berbasis OBE adalah untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten di bidangnya, tetapi juga mampu memberikan dampak perubahan positif dalam masyarakat.

Proses pembentukan kurikulum ini diikuti oleh lima program studi (prodi) yang ada di Fakultas Dakwah, yakni Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Psikologi Islam (PSI).

Setiap prodi terlibat secara aktif dalam diskusi dan workshop yang dilaksanakan untuk menyelaraskan antara visi misi prodi dan visi misi fakultas dengan pendekatan OBE yang berfokus pada hasil dan dampak nyata bagi mahasiswa dan masyarakat. 

Kegiatan ini juga mengundang berbagai narasumber ahli di bidang OBE dan dakwah transformatif. Diantaranya ada Prof. Ahidul Asro, M.Ag., Dr. Muhammad Isyfironi, M.Ag. dan Ahmad Mahmudi, SH.

Mereka menekankan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai dakwah yang inklusif dan humanis ke dalam setiap mata kuliah, sehingga lulusan tidak hanya menjadi profesional di bidang komunikasi dan penyiaran, tetapi juga agen perubahan sosial yang membawa misi dakwah transformatif.

Proses penyusunan kurikulum ini melibatkan serangkaian diskusi intensif dengan berbagai pihak, termasuk dosen, praktisi, dan perwakilan mahasiswa. Khususnya tim kurikulum di tiap-tiap prodi.

Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Fawaizul Umam, M.Ag., menyampaikan bahwa penyusunan kurikulum ini adalah bagian dari upaya fakultas untuk menghadirkan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman. 

"Kurikulum OBE ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga memahami makna dakwah dalam konteks transformasi sosial, sehingga mampu berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik," jelasnya.

Dengan semangat dakwah transformatif yang diusung, Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember berharap para lulusan nanti dapat menjadi aktor-aktor perubahan yang berlandaskan nilai-nilai Islam rahmatan lil 'alamin. 
Kurikulum berbasis OBE ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan kurikulum prodi lainnya di lingkungan UIN KHAS Jember, serta di perguruan tinggi Islam lainnya di Indonesia.(AHN).***

;